Senin, 18 Juni 2012

ng'ghost dan cek hardissk


Cara Nge-Ghost Pc via Norton Ghost
Cara ngeGHOST :

1. Instal program yang akan dijalankan pada hardisk A disebut aja sebagai MASTER dan hardisk B atau yang lainnya buat di ghots dari komputer A. Disebut aja sebagai komputer atau hardisk SLAVE
2. Siapkan software buat ngeghost di dalam flash disk/CD. contoh software buat ghost : Norton Ghost 11.5, Symantec/Powerquest Disk Image, Roxio GoBack, Windows System Restore, dll. Saya akan ngeghost menggunakan Norton Ghost 11.5
3. pasang ke 2 hardisk contoh : A dan B dan flash disk/CD yang sudah ada software Norton Ghost 11.5 / software lainnya di 1 komputer/PC lalu nyalakan PC masuk ke BIOS tekan DEL / F1 cek apakah 2 terbaca/terdetek oleh PC, lalu masuk ke bagian Boot Sequence/Urutan Booting setting boot devicenya , lalu save atau F10 ENTER.
4. lalu akan booting ulang dan masuk ke menu Norton Ghost 11.5 pilih Hiren’s Boot Flashdisk USB jika menggunakan flsh disk atau Hiren’s Boot CD jika menggunakan CD.
5. pada menu Booting hiren's pilih "start boot CD"
6. pada menu utama hiren's pilih [2] Backup Tool, [2] Norton Ghost 11.5, [8] Ghost (normal). tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost bejalan. klik [ok]
7. pilih Local -> Disk -> To Disk
8. pilih hardisk master yang akan di ghost
9. pilih hardisk slave yang akan di ghost dari hardisk master
10. lalu tekan Alt -> O -> Y
11. tunggu sampai selesai ngeghost
12. setelah selesai atau sudah 100% pilih continue
13. tinggal lihat hasilnya


Kloning komputer
Kloning mungkin masyarakat awam mengartikannya adalah suatu cara atau sistem untuk mencipta atau membuat sesuatu benda menjadi sama dengan yang aslinya dengan cara mengambil salah satu bagian tertentu dari benda yang aslinya, Kloning komputer merupakan suatu solusi atau cara installasi Microsoft Windows ke beberapa komputer dengan cepat dan lebih mudah dari pada kita harus menginstall ulang di setiap komputer satu persatu, karena yang di install Microsoft windows XP Profesional Service Pack 2 dan beberapa perangkat lunak yang lain hanya satu komputer saja, dan yang lainnya akan terisi sama dengan satu komputer tersebut, tetapi untuk proses cloning computer ini, speksifikasi dari semua komputer tersebut harus sama, mulai dari type dan brand mainboardnya sampai landcardnya harus sama.
Pengenalan Kloning komputer
Kloning komputer sampai saat ini masih jarang sekali dipakai oleh perusahaan yang didalamnya terdapat suatu jaringan komputer. Kloning komputer menggunakan suatu perangkat lunak yaitu Symantec Norton Ghost, saat ini Symantec Norton Ghost banyak sekali tipenya mulai dari Norton Ghost V 7 yang cara pengoperasiannya masih menggunakan layar DOS sampai versi 2003 yang pengopersaiannya atau create imagenya sudah menggunakan metode windows tanpa melalui DOS. Kegunaan atau fungsi dari Kloning komputer ini adalah selain lebih menghemat waktu saat kita mengistallasi suatu microsoft windows ke dalam beberapa komputer. Dengan menggunakan metode atau cara kloning komputer ini dapat dikatakan lebih cepat dan menghemat waktu, karena saat kita ingin mengistallasi satu Windows kedalam satu komputer saja dengan cara mengistallnya secara manual atau mengistal satu komputer dengan cd instaler Windows akan memerlukan waktu beberapa jam lamanya, ini masih belum mengistall beberapa perangkat lunak yang sangat dibutuhkan oleh beberapa komputer di suatu perusahaan.
Sedangkan jika suatu jaringan komputer di satu perusahaan menggunakan metode atau cara kloning komputer ini hanya sekali saja mengistall Windows secara manual atau dengan menggunakan cd instalernya Windows dan perangkat lunak pendukung yang lain kedalam satu komputer dan setelah itu komputer tersebut di kloningkan ke beberapa komputer yang tentunya mempunyai spesifikasi yang sama. Selain itu jika satu komputer terkena Virus komputer yang mengharuskan satu komputer tersebut harus di install ulang Windowsnya supaya virus komputer tersebut bisa hilang dari komputer, tidak perlu memerlukan banyak waktu atau bersusah payah untuk mengistall Windows dan beberapa perangkat lunak pendukung yang diperlukan oleh suatu perusahaan dan beberapa driver dari komputer tersebut, cukup dengan menarik suatu image yang telah di buat dan mengkloningkannya ke komputer yang terkena virus komputer tersebut dengan software Norton Ghost tersebut sehingga perusahaan maupun lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan tidak perlu memerlukan banyak waktu saat mengistall suatu windows cukup dengan beberapa menit saja.
Kelebihan Kloning Komputer
Kelebihan-kelebihan dari kloning komputer antara lain adalah sebagai berikut ini:
Cepat, lebih praktis menghemat waktu karena dapat menginstall windows ke beberapa komputer hanya dengan hitungan menit saja.
Lebih mudah dalam melakukan maintenance atau perawatan computer yang terhubung dengan jaringan, dan lebih menghemat waktu.
Tangguh dalam masalah jaringan karena jika satu komputer terkena virus komputer cukup di instal ulang windows dengan kloning melalui jaringan ini.
Kekurangan Kloning komputer
Kekurangan dari Kloning komputer hampir tidak ada, hanya saja untuk menjalankan proses kloning komputer ini kita membutuhkan beberapa komputer yang terhubung dengan suatu jaringan komputer dan mempunyai spesifikasi yang sama persis semua karena jika tidak sama semua maka proses kloning komputer ini tidak akan berjalan.
Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition
Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition adalah salah satu tipe product dari symantec Norton Ghost yang berfungsi sebagai mengkloningkan windows. Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition beroperasi menggunakan under DOS dan membutuhkan 1 komputer model yang bertugas untuk menjadi “image” atau cetakan windows beserta perangkat lunak yang lainnya yang dibutuhkan, 1 buah komputer server yang berfungsi untuk menarik “image” pada komputer model dan melempar “image” yang sudah di tarik dari komputer model ke beberapa komputer klien dan beberapa komputer klien.













Cara Nge-Ghost Windows
Proses instalasi sistem operasi seringkali menjadi hal yang sangat menjemukan. Terutama apabila Anda termasuk orang yang risih jika instalasi OS Anda tidak stabil atau lemot. Saya dulu pernah termasuk dalam ‘golongan’ ini, dalam seminggu saya bisa install windows 2 hingga 3 kali karena sering coba-coba aplikasi baru dan diganti dengan yang baru.


Selain karena memang ‘hobi’, terkadang Windows mengalami masalah yang tak terduga seperti serangan virus, missing file atau instalasi error. Ini bisa membuat makin sering kita ‘bermain’ dengan CD instalasi Windows. Repotnya, jika kita ga bisa berlama-lama buang-buang waktu hanya untuk install Windows plus aplikasi seabreg. Belum lagi aktivasinya.. ribet kan! Nah, daripada kita alami hal ini saya akan paparkan langkah antisipasi yang bisa Anda praktekkan. Bagi yang sudah tahu, maap kalo ada siaran ulang ya..

Untuk melakukan praktek, kita perlu program Cloning Tool. Sebenarnya banyak sekali program semacam ini yang beredar di pasaran, diantaranya Symantec/Powerquest Disk Image, Roxio GoBack, Windows System Restore, dll. Nah, kali ini kita akan ‘bermain’ dengan Program Norton Ghost 11.5 yang dapat Anda temukan dalam CD Hiren's. Bagi yang belum punya Hiren’s Boot CD Versi terbaru silahkan download terlebih dahulu.

Norton Ghost menyediakan fungsi backup dan restore dengan mudah. Dengan bantuan Hiren’s Boot CD, Anda bisa melakukan prose backup dan restore instalasi Sistem Operasi Anda dengan mudah, praktis dan cepat. Ya, nggak secepat kilat dalam arti sebenarnya sih.. Tapi jauh lebih cepat daripada jika Anda harus menginstall Windows dari awal berikut program yang akan Anda gunakan.
Sebelumnya, persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sebagai berikut:
Komputer atau Notebook target yang dilengkapi drive CD/DVD untuk menjalankan Hiren’s Boot CD. Saya sarankan minimal terdapat 2 partisi, sistem C:/ atau drive yang berisi instalasi Windows dan partisi lain untuk menyimpan image
CD Hiren's Boot berisi Norton Ghost 11.5

Flashdisk/keping DVD untuk menyimpan backup file image (Optional)
Prinsip kerja
Pada dasarnya, ada dua langkah yang Anda lakukan
1. Membuat backup Data Partisi PC yang berisi Sistem Operasi Windows ke dalam File Image . File ini berisi rekaman komplit file sistem operasi Anda berikut program yang telah ter-install didalamnya. File ini harus disimpan di partisi selain partisi Windows itu sendiri. Misalnya Anda punya C:/ yang bersi instalasi Windows, Anda harus menyimpan file image di partisi selain C:/. Itulah mengapa di atas saya menyarankan minimal ada 2 partisi.
Perlu saya tekankan bahwa, langkah ini mutlak diperlukan jika Anda ingin bisa melakukan langkah restorasi/pemulihan sistem dengan cepat. Dengan kata lain, tanpa adanya file Image Anda tidak bisa melakukan restorasi Windows.
2. Restorasi Windows. Jika terjadi sesuatu, anda bisa memanggil file backup yang telah Anda buat sebelumnya untuk memulihkan instalasi Windows persis seperti saat file image dibuat.
Langkah Pertama, Membuat File Image.
1. Masukkan Hiren’s Boot CD sesuai dengan preferensi Anda.
2. Nyalakan komputer, masuk ke BIOS dengan menekan DEL/F2/F8/F12 sesuai dengan BIOS PC Anda.
Masuk ke Bagian Boot Sequence/Urutan Booting. Pastikan media yang Anda gunakan menempati urutan pertama booting. Misalnya: Anda memilih menggunakan CD Hiren’s, pastikan CDROM berada pada posisi booting pertama.






•  Masukkan Hiren’s Boot CD sesuai dengan preferensi Anda.











•  Nyalakan komputer, masuk ke BIOS dengan menekan DEL/F2/F8/F12 sesuai dengan BIOS PC Anda.











•  Masuk ke Bagian Boot Sequence/Urutan Booting. Pastikan media yang Anda gunakan menempati urutan pertama booting. Misalnya: Anda memilih menggunakanCD Hiren’s, pastikan CDROM berada pada posisi booting pertama.











•  Pada menu Booting Hiren’s, pilih ‘Start Boot CD’











•  Pada Menu Utama Hiren’s, Pilih [2.] Backup Tool > [2.] Norton Ghost 11.5 >[8.]Ghost (Normal). Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. Klik[OK]












•  Pilih Menu > Local > Partition > To Image untuk menyimpan partisi ke dalam sebuah file image.








                                                              



















                                                                                                                                              
 Pilih Harddisk Fisik yang akan di backup. Biasanya Windows ada pada Local (1) seperti pada contoh




Pilih Partisi Harddisk yang akan di backup. Biasanya Windows ada pada Primary Drive seperti pada contoh, [OK].
Perhatikan atribut lainnya seperti File System (NTFS/FAT32), Label, Ukuran dsb. Pastikan Anda memilih drive yang tepat.
  
Tentukan Partisi Harddisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan file backup image. Beri nama pada file, misalnya Backup_1 kemudian klik [SAVE]. Perhatikan bahwa harddisk ditulis dalam urutan seperti berikut; D:1.2:[DATA] FAT, artinya adalah:
D: = Drive D:
1.2: = merupakan Harddisk Fisik Pertama Partisi Kedua
[DATA] = label DATA
FAT =  File System FAT32





Selanjutnya akan muncul dialog kompresi Image File, pilih salah satu berdasarkan keterangan berikut:
No = Pilih ini jika Anda tidak ingin mengubah file image dari ukuran file windows sebenarnya
FAST = Pilihan kompresi cepat, hasilnya kurang lebih 30% dari ukuran file sebenarnya
HIGH = Pilihan kompresi tingi, hasilnya bisa sampai 60% dari ukuran file asli meski prosesnya akan sedikit lebih lambat.
Saya anjurkan Anda memilih pilihan ini untuk menghemat space harddisk. Toh Norton Ghost tidak mengubah isi file image, hanya ukuran filenya saja yang dipadatkan. Persis seperti yang dilakukan oleh WinZIP ato WinRAR.






Ketika muncul dialog box ‘Procesed with partition image creation?’ Pilih [YES]






12. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul Image Box ‘Image Creation Completed Successfully’, klik [Continue]. Klik [Quit] untuk keluar Program.
Sampai di sini Anda sudah punya satu file image dari sistem operasi Anda yang sewaktu-waktu bisa dipanggil kembali untuk melakukan restorasi. Anda bisa menggunakan Flashdisk atau Media DVD untuk menyimpan file Image ini, hanya untuk berjaga-jaga.
Nah, suatu saat jika ada masalah dengan Windows, Anda tinggal melakukan langkah restorasi berikut ini.
Langkah Kedua, Restore Windows dari Backup File Image
1. Boot dari Hiren’s Boot CD atau Hiren’s Boot USB Flashdisk
2. Pada menu Booting Hiren’s, pilih ‘Start Boot CD’
3. Pada Menu Utama Hiren’s, Pilih [2.] Backup Tool > [2.] Norton Ghost 11.5 >[8.]Ghost (Normal). Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. Klik [OK].
4. Pilih Menu > Local > Partition > From Image untuk me-restore partisi dari file image yang tadi telah kita buat.





Temukan file Image dengan ekstensi .GHO pada drive penyimpanan Anda. Pilih, dan akhiri dengan Open.





Pilih Partisi sumber/Source file image kemudian klik [OK]





Pilih Harddisk fisik tujuan/Destination Restorasi Windows, [OK]

Pilih Fartisi Hardisk tujuan/Destinasion,pilih Primary klik OK

Ketika Muncul Dialog Box ‘Prosses With Partition Restore?’ klik [Yes]
Tunggu hingga selesai 100%
Klik [Reset Computer] untuk me-restart Komputer.

Semoga bermanfaat..



Berikut ini kang Eko akan memberikan cara cek harddisk secara cepat dan akurat :
Download program HDD Sentinel. Kebetulan yang kang Eko sharing adalah yang versi DOS, karena lebih cepat prosesnya dan bisa untuk cek harddisk SATA. File hasil download berbentuk zip, extract sehingga menjadi file iso, jadi anda bisa langsung burning file tersebut ke CD.
Silahkan Download via Link di bawah ini, namun anda akan diarahkan ke adf.ly terlebih dahulu kemudian tunggu sekitar 5 detik dan cari tombol SKIP AD / LEWATI yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.

Link HDD Sentinel versi DOS :
http://www.mediafire.com/?364yqpyqzxv3r0o

Link HDD Sentinel versi Windows (Trial) :
http://www.harddisksentinel.com/hdsentinel_trial_setup.zip

Cara Cek harddisk dengan HDD Sentinel :
1. Masukkan CD Hdd Sentinel ke CDROOM
2. Setting BIOS komputer anda agar CDROM bisa booting di urutan pertama, kemudian simpan dan keluar dari BIOS.
3. Kemudian komputer akan langsung booting dari CD dan HDD Sentinel akan langsung melakukan cek harddisk anda.
4. Hasil akan langsung terlihat dalam prosentase.







Health : kalau angkanya di bawah 100%, biasanya harddisk sudah mengalami masalah (mau rusak) dan biasanya windows sudah tidak stabil dan lambat. Jadi anda dapat menyarankan ke konsumen atau diri anda sendiri, untuk segera membackup data dalam harddisk tersebut, karena harddisk sudah rawan rusak dan data bisa hilang. Dan sebisa mungkin harddisk segera diganti dengan yg OK. Harddisk yg bagus kondisi Health : 100%

Perf : adalah kondisi file simpanan di harddisk tersebut, jadi bukan kondisi fisiknya.

Power On : menunjukkan berapa lama harddisk itu sudah digunakan.

Temp : menunjukkan suhu harddisk.

Oya, program hdd sentinel ini dilengkapi juga dengan indikator warna :
Hijau : kondisi bagus.
Kuning : kondisi waspada / kurang bagus.
Merah : kondisi rusak

Demikian cara cek harddisk secara cepat dan akurat, semoga bermanfaat.



Email ThisBlogThis!Share to TwitterShare to Facebook



cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh komputer
Published : 00:22 Author : zorro

Bagi Anda yang masih menggunakan Windows XP dan mempunyai masalah dengan hardisk, berikut ini tips untuk mengecek dan memperbaiki hardisk jika ada yang eror.
Nama aplikasi di Windows XP: chkdsk.exe Perintah untuk mengeksekusi aplikasi tersebut adalah lewat Command Prompt atau Console Recovery Windows.
Chkdsk akan memverifikasi error dan akan mencoba memperbaiki drive yang dipilih. Penggunaan perintah tersebut merupakan langkah awal jika terjadi masalah terhadap hardisk.
Manual langkah mengecek dengan chkdsk adalah sebagai berikut
Langkah pertama: Klik Start, pilih Run
Langkah kedua: Pada kotak isian, ketik cmd
Langkah ketiga: Klik Ok
Langkah keempat: jalankan chkdsk dengan mengetik perintah berikut:
chkdsk c:
atau
chkdsk c: /f /r
CATATAN: Perintah /f adalah perintah untuk perbaikan secara otomatis terhadap error yang ditemukan dan perintah /r merelokasi bad sectors (sektor hardisk yang rusak) dan mengembalikan informasi yang terbaca.
Langkah kelima: restart komputer, akan membutuhkan beberapa waktu untuk melakukan proses tersebut tergantung seberapa besar
drive yang di chkdsk.
Pada saat restart akan terlihat informasi drive yang telah di cek seperti gambar berikut ini:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar